Minggu, 13 Maret 2016

H T T P

                     H T T P ( HyperText Transfer Protocol  )  


·         Pengertian HTTP                          
Hyper Text Transfer Protocol didefinisikan pertama kali oleh “Tim Jhon Berners-Lee pada tahun 1997. Sebagai sebuah protokol pada application layer (layer) yang digunakan untuk mendistribusikan dan mengolaborasikan sistem informasi hypermedia melalui jaringan.
HTTP merupakan aturan-aturan uang digunakan untuk mengirimkan berkas atau lainnya melalui WWW. Berkas yang dikirim dapat berupa text, hypertext, portable document format, image bahkan audio dan video streaming.

·        Data HTTP
A.    Jenis Data
Data yang dikirimkan melalui http dapat berupa permintaan dari klien kepada server dengan tanggapan dari server terhadap permintaan klien. Permintaan dan tanggapan yang dikirimkan menggunakan standar RFC 822 (Standart for the format of arpa internet text messages) dalam mengirimkan entitas data.

B.     Header Data
Pada header data disisipka beberapa informasi tentang pengiriman permintaan atau tanggapan yang berupa header umum, header permintaan, header tanggapan, dan entitas header. Nama header harus case-insensitive , sedangkan isinya tergntung kebutuhan.

C.     Badan Data
Digunakan untuk membawa entitas data yang disertakan bersama permintaan atau tanggapan. Badan data berbeda dengan badan entitas hanya apabila dikirimkan dengan pengkodean (transfer encoding) yang berbeda.


D.    Panjang Data
Panjang data disertakan apabila :
-          Badan data yang dikirimkan berupa sumber URL yang dimint oleh klien.
-          Badan data yang dikirimkan berupa peringatan kesalahan dari server.

E.     Header secara umum
Header umum ini disertakan apabila didukung oleh protokol yang digunakan oleh klien maupun server. Apabila header tersebut dapat didukung oleh protokol yang digunakan klien maupun server, maka header tersebut dijadikan header secara umum. Dan sebaliknya jika tidak mendukung maka tidak dijadikan header secara umum.


·        Metode HTTP
Metode yang paling sering digunakan adalah GET. Pada saat web browser memberikan permintaan dengan GET sebagai metodenya, server  akan menentukan dan memproses informasi apa saja yang temasu sebagai identifier. Sebagai contoh , jika web browser memberikan permintaan GET dengan URL untuk dokumen pada web server, server akan menjawab dengan dokumen yang diminta. Situasi lain dimana GET mungkin digunakan dalam submisi pemasukkan data ke dalam formulir.

Refrensi :
-Mambrasah, Yusuf N. Iman, Erik. 2008. Membuat Aplikasi Web Server Dengan Winsock. Yogyakarta. ANDI.

-Morgan Stern. 1998. Netware untuk koneksi ke internet,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar