Senin, 14 Maret 2016

FTP

F T P  ( File Transfer Protocol )

·        Pengertian FTP
FTP merupakan sumber daya yang paling banyak digunakan di internet. Sebagai tool dasar, FTP dapat digunakan untuk menyalin file dari satu kompuer di internet ke lainnya. Software FTP dibagi menjadi 2 bagian yaitu : satu bagian dijalankan pada komputer yang berisi file(server FTP) dan bagian lain dikomputer yang meminta file (Klien).

Dalam internet untuk mentransfer suatu file digunakan lah FTP ( File Transfer Protocol ). Kita bisa menggunakan FTP untuk mendowload software dri server-server FTP. Sebagin besar server FTP mensyaratkan kita untuk mempunyai login dan password untuk dapat masuk ke dalam server FTP. Sedangkan ada sebagian lagi server yang tidak perlu menggunaan login dan password untuk mengaksesnya menggunkan anonymous sebagai login dan alamat email sebagai passwordnya.

·        Anonymous FTP
FTP merupakan tool yang sangat ampuh , tetapi tanpa registrasi pemakai di server FTP, kita tidak dapat menggunakannya. Anonymous FTP, seperti namnya mengijinkan akses secara anonim(Tanpa Nama). Agar terkoneksi ke server anonymous FTP, kita hanya login dengan username anonymous. Password tidak diperlukan, sehingga bila ditanya pssword, kita hanya mengetikkan alamat email. Setelah kita mengisi username dan password kita akan masuk kedalam FTP .  walaupun cukup populer , akses anonymous tidak memberikan jaminan. Beberapa server membatasi jumlah pemakain anonymous yang dapat masuk secara bersamaan untuk memastikan pemakai lokal masih dapat menggunakan server.

Refrensi : 
- Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.
- Steve Browne. 1995. Internet Lewat Mosaic dan World-Wide Web. Jakarta. PT  Elex Media Komputindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar