Selasa, 24 April 2018

No Sql

Nama : Hendika Julbahri A.S
NPM : 54414736
Kelas : 4IA20
 Dosen : Lely Prananingrum
  1. Pengertian No Sql
Berbeda dengan SQL Database, dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa nosql database adalah kebalikan dari sql database. Tidak relational / tanpa relation. Database nosql atau yang biasa disebut NoSQL database / cloud database merupakan penyimpanan data / database yang tidak terstruktur.

Nosql database tidak seperti sql database yang menggunakan tabel dalam penyusunan datanya, nosql database menggabungkan semua database tidak membedakan jenis2nya dan tanpa karakteristik umum. Tapi nosql database ini memiliki kecepatan yang super cepat dibanding dengan sql database, pencariannya lebih terfokus. Nosql sebetulnya tidak 100% menyimpan data dengan cara tidak terstruktur, terkadang ada miripnya dengan sql database dengan sedikit susunan pada saat2 tertentu.

Bedanya nosql database ini menyusun bagian didalam bagian lainnya (subset). Jadi setiap bagian akan memiliki beberapa bagian lagi didalamnya. Nosql ini cocok dan biasa digunakan untuk penyimpanan aplikasi atau data yang sangat besar. Karena dengan menggunakan nosql data dapat diakses dengan sangat fleksibel dan sangat sedikit kemungkinan error ketika mengakses banyak data dengan format yang berbeda-beda.

  1. Karakteristik NoSql
  2. NoSQL tidak menggunakan model data relasional dengan demikian tidak menggunakan bahasa SQL .
  3. NoSQL toko volume data yang besar .
  4. Dalam lingkungan terdistribusi (data menyebar ke mesin yang berbeda ) , kita menggunakan NoSQL tanpa ketidaksesuaian .
  5. Jika ada kesalahan atau kegagalan ada di setiap mesin , maka dalam hal ini tidak akan ada penghentian pekerjaan .
  6. NoSQL adalah database open source, yaitu kode sumbernya tersedia untuk semua orang dan bebas menggunakannya tanpa overhead .
  7. Memungkinkan data NoSQL untuk menyimpan dalam catatan yang tidak memiliki apapun skema tetap.
  8. NoSQL tidak menggunakan konsep ACID properti .
  9. NoSQL adalah horizontal scalable menyebabkan kinerja tinggi dalam cara linear .
  10. Hal ini memiliki struktur yang lebih fleksibel..

  1. Pengelompokan NoSQL ( Jenis Penyimpanan Data )

. Key value databases
Key value databases nama itu sendiri menyatakan bahwa itu adalah kombinasi dari dua hal yang merupakan kunci dan nilai . Ini adalah salah satu low profile sistem database ( tradisional) . Key Value database ( KV ) adalah ibu dari semua database NoSQL .
– Key adalah sebuah identifikasi unik untuk entri data tertentu. Kunci tidak harus diulang jika digunakan.
–  Value adalah jenis data yang ditunjuk oleh kunci.
9
Contohnya: Dynamo, Riak, Redis, MemcacheDB, Project Voldemort
2 . Document Stores Databases
Document Stores Databases adalah mereka database NoSQL yang menggunakan catatan sebagai dokumen. Jenis Document Stores Databases terstruktur (teks ) atau semi – terstruktur ( XML ) dokumen yang biasanya hirarki di nature . Di sini setiap dokumen terdiri
Dari satu set kunci dan nilai-nilai yang hampir sama seperti ada dalam database Key Value . Setiap database yang berada di Document Stores Databases dipindahkan ke field dengan menggunakan pointer dengan menggunakan teknik hashing . Document Stores Databases adalah skema bebas dan tidak tetap di nature . Struktur Document Stores Databases  digambarkan pada Gambar di bawah ini.
10
Contohnya: MarkLogic, MongoDB, Couchbase
3 . Columnar Database
Columnar Database juga dikenal sebagai database keluarga kolom karena mereka adalah database berorientasi kolom . Contohnya: HBase, Accumulo, Cassandra
Ada dua jenis database berorientasi kolom yang detail seperti yang diberikan di bawah ini
( 1 ) Wide-Column data stores:
Ini adalah salah satu jenis database NoSQL . Menyimpan data Kolom lebar adalah mereka database yang digunakan untuk pengolahan web ,streaming data dan dokumen .
11
( 2 ) Column oriented databases:
Untuk memahami database berorientasi kolom mari kita mengambil contoh database bank yang diberikan dalam gambar 9 yang bidang atribut adalah EmpID , Gaji dan penunjukan dan nilai-nilai sesuai dengan itu adalah seperti yang digambarkan dalam database .
12
4 . Graph databases.
Database Grafik didasarkan pada teori graf . Secara umum, kita melihat grafik yang biasanya terdiri dari node \ , sifat dan tepi .
Database NoSQL Grafik terdiri dari :
( 1 ) Node mewakili entitas
( 2 ) Properti merupakan atribut
( 3 ) Tepi mewakili hubungan .
Struktur Graph databases adalah sebagai berikut:
13
Contohnya: Neo4J, OrientDB, Allegro, Virtuoso
  1. Peranan Data dan Arsitektur di NoSql
Ada empat komponen dalam blok bangunan nya. :
  1. Modelling Language: Ini menggambarkan struktur database dan juga mendefinisikan skema yang itu didasarkan. data adalahyang disimpan dalam bentuk baris dan kolom menggunakan XML format. Dan setiap data (nilai) sesuai dengan itu ditugaskan kunci yang unik. Untuk akses data lebih cepat, model dibangun di lingkungan yang sesuai.

  1. Database Struktur: Setiap basis data sementara bangunan menggunakan struktur data sendiri, dan menyimpan data menggunakan perangkat penyimpanan permanen.

  1. Database bahasa Query: Semua operasi yang dilakukan pada database yang membuat, merubah, membaca dan menghapus.

  1. Transaksi: Dalam setiap transaksi dalam data, mungkin ada jenis kesalahan atau kegagalan, kemudian, mesin tidak akan berhenti kerja.

  1. Kelebihan NoSQL di banding Relasional Database
  2. NoSQL bisa menampung data yang terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstuktur secara efesien dalam skala besar (big data/cloud).
  3. Menggunakan OOP dalam pengaksesan atau manipulasi datanya.
  4. NoSQL tidak mengenal schema tabel yang kaku dengan format data yang kaku. NoSQL sangat cocok untuk data yang tidak terstruktur, istilah singkat untuk fitur ini adalah Dynamic Schema.
  5. Autosharding, istilah sederhananya, jika database noSQL di jalankandi cluster server (multiple server) maka data akan tersebar secara otomatis dan merata keseluruh server.

  1. Kekurangan dari database NoSQL
  2. Hostingnya mahal, beberapa layanan di luar negeri mencharge biaya 100-200USD untuk hosting database noSQL. Selain itu, saya belum pernah menemukan hosting Cpanel yang mendukung database MongoDB atau database noSQL lainnya.
  3. Perlu waktu untuk belajar. Contohnya ketika anda pindah dari MongoDB ke Cassandra, maka anda harus belajar lagi dari awal, berbeda dengan database RDMS.
Contoh-contoh Aplikasi NoSQL Database
  1. MongoDB
Merupakan basis data yang paling populer diantara basis data NoSQL lainnya. Hal ini dikarenakan pemasangan maupun penggunaan mongoDB tidaklah sulit atau merepotkan penggunanya. Selain itu mongoDB juga merupakan salah satu basis data yang open source sehingga pengembangan mongoDB sendiri cukup pesat karena setiap orang bisa berpartisipasi untuk mengembangkannya.
  1. CouchDB
Apache CouchDB, biasa disebut dengan CouchDB saja, merupakan basis data NoSQL yang dikembangkan oleh Apache. CouchDB lebih dulu muncul jauh sebelum mongoDB yaitu pada tahun 2005. CouchDB tidak menyimpan datanya dalam tabel melainkan dalam dokumen seperti halnya mongoDB.
  1. Cassandra
Cassandra merupakan sebuah sistem penyimpanan data terdistribusi untuk menangani jumlah data yang sangat besar dan terstruktur. Cassandra juga dikembangkan Apache, pengembang yang sama untuk basis data CouchDB.
  1. Redis
Lagi-lagi basis data open source, redis merupakan basis data berbasis key-value paling populer menurut situs DB-Engines.com. Redis merupakan singkatan dari REmote DIctionary Server. Basis data ini dikembangkan oleh Salvatore Sanfilippo pada tahun 2009 dan ditulis dalam bahasa C. Redis banyak dipilih karena memiliki fitur in-memory, networked, dan durabilitas tinggi.
  1. Riak
Riak merupakan basis data NoSQL terdistribusi yang menyimpan datanya dalam bentu key-value. Riak menawarkan fitur high availability, fault tolerance, operational simplicaity, dan scalability. Riak memiliki dua versi yakni Open source edition dan Enterprise edition. Enterprise edition menawarkan dukungan berbayar intensif dari pengembangnya. Pengguna Open source edition dapat bermigrasi kapan saja ke Enterprise edition jika dibutuhkan.
  1. Neo4J
Neo4j merupakan basis data NoSQL dengan sistem graf. Apabila berurusan dengan basis data berbasis graf, maka Neo4j lah yang paling dikenal. Neo4j menyimpan relasi antar objek dalam struktur seperti graf, dimana setiap objek merujuk ke objek lainnya secara langsung.
  1. OrientDB
OrientDB merupakan basis data graf terdistribusi generasi kedua. Basis data ini dibuat dalam bahasa Java oleh Orient Technologies LTD dan dirilis pertama kali tahun 2010. OrientDB diklaim sangat cepat dan mampu menyimpan 220.000 record per detik diperangkat standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar